Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keajaiban Telur & Fungsi Tembolok

Keajaiban Telur


Sekarang perhatikan bentuk telur beserta cairan kuning kental, dan air putih yang lunak yang ada di dalamnya! Salah satu cairan itu akhirnya menjadi anak (burung), dan yang satunya menjadi makanannya sampai ia menetas dan keluar dari telur tersebut.

Hikmahnya, mengingat pembentukan dan pertumbuhan anak burung terjadi di dalam lapisan kulit yang tidak dapat ditembus oleh sesuatu dari luar, maka di dalam telur itu telah disediakan makanan yang cukup sampai dia keluar.

Fungsi Tembolok


Perhatikanlah hikmah dan fungsi tembolok burung! Saluran makanan ke lambung itu sempit sehingga hanya sedikit yang dapat melewatinya. Seandainya burung tidak mematuk biji yang kedua (berikutnya) sebelum yang pertama sampai ke lambung, tentu hal itu terlalu lama.

Kapan dia dapat puas menyantap makanannya?! Anda lihat, ketika makan, burung hanya menoleh ke sekitarnya secara amat singkat saking waspadanya. Karena faktor inilah, dia diberi tembolok yang berfungsi seperti keranjang yang tergantung di dadanya agar dia menyimpan kelebihan makanannya di sana dengan cepat, lalu memindahkannya ke lambung secara perlahan.

Tembolok juga punya fungsi lain. Yakni, karena sebagian burung perlu menyuapi anaknya, maka dia menyimpan makanannya di dalam tembolok agar mudah mengeluarkannya karena terletak dekat dengan paruh.

Posting Komentar untuk "Keajaiban Telur & Fungsi Tembolok"

Berlangganan via Email