Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astaghfirullah, Inilah 3 Golongan yang DIBENCI oleh Surga!

Surga dan neraka sejatinya adalah misteri yang hanya Allah ketahui secara pasti. Namun, ternyata surga juga punya perasaan layaknya manusia seperti rasa rindu dan benci seperti yang disebutkan di dalam hadist.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, inilah 3 golongan manusia yang dibenci oleh surga dan tidak rela mereka memasukinya.

1. Peminum Khamr

Golongan pertama yang dibenci oleh surga adalah orang yang gemar meminum minuman keras (khamr). Meminum Khamr adalah salah satu dosa besar di dalam Islam karena khamr adalah awal dari dosa besar lainnya dan menghilangkan akal. Akibatnya, tidak jarang terjadi pemerkosaan, perkelahian bahkan pembunuhan yang diawali dengan khamr.

2. Orang yang Durhaka kepada Ibu dan Bapaknya

Siapakah orang yang paling berhak dicintai dan dihormati? Jawabannya adalah orang tua. Pengorbanan mereka kepada anaknya sungguh takkan terbalaskan dan durhaka kepada orang tua adalah dosa besar dalam agama Islam. Bahkan, di dalam Al-Qur'an dijelaskan mengatakan “Ah” saja sudah termasuk dosa dan durhaka kepada orang tua.

3. Dayyuts

Dayyuts adalah membiarkan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya melakukan dosa dan kemaksiatan. Mereka tidak peduli jika istri, anak, ataupun saudara perempuannya membuka aurat di luar rumah. Orang seperti ini sangat banyak kita jumpai di zaman sekarang.

Itulah 3 golongan yang dibenci oleh surga. Maka, hendaknya kita menjauhi ketiga dosa tersebut dan mudah-mudahan kita diselamatkan Allah dari neraka dan dimasukkan ke surga-Nya.