Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Jadi Penghuni Surga? Lakukan 7 Amalan Ini

Surga adalah rumah sesungguhnya kaum muslimin. Namun jalan menuju rumah tersebut sangat menanjak dan berkelok-kelok. Disetiap persimpangannya dikelilingi oleh hal yang banyak menarik perhatian manusia menuju maksiat. Kaum muslimin yang mengalahkan setiap persimpangannya tersebutlah yang akan mencapai kemenangannya sesungguhnya.

Inilah beberapa amalan yang bisa menjadi bekal dan penangkal umat muslim dalam menuju rumah kemenangannya.

Bertaubat

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang.” (QS Ali Imran 133)

Berhijrah

“Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. Dan itulah orang-orang yang mendapatkan kemenangan.”(QS At Taubat 20)

Istiqamah

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Rabb kami ialah Allah, kemudian mereka beristiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan,” (QS Al Ahqaf 13-14).

Khusyu

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya.” (QS Al Mu’minun 1-2)

Menyempurnakan Wudhu

“Tidaklah salah satu diantara kalian yang berwudhu lalu disempurnakan wudhu itu, sesudah itu ia berucap: “Asyhadu an laa ilaha illallah, Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu (Aku bersaksi bahwa tidak tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan RasulNya) , melainkan Allah akan membukakan baginya 8 pintu surga yang bisa dimasukinya menurut kehendaknya.” (HR Muslim)

Melaksanakan Shalat Rawatib

Sesungguhnya Ummu Habibah berkata bahwa Rasulullah bersabda,“Siapa yang mengerjakan shalat 12 sehari semalam, akan dibuatkan oleh Allah untuknya rumah di surga.” (HR muslim)

Mendirikan Bangunan Masjid Lillahi Ta’ala

“Barang siapa membangun masjid dalam rangka mencari keridhaan Allah semata, maka Allah akan membuatkan pula baginya rumah di surga.” (HR Bukhari Muslim).