Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Amalan Malam Jumat yang Sesuai Sunah Rasulullah Muhammad SAW

Hari yang istimewa bagi kaum Muslimin telah tiba, Jumat. Hari Jumat juga disebut sebagai hari raya setiap pekan. Ada amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, yang nilai pahalanya sangat besar.

”Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat”. (H.R Abu Hurairah)

Nah, amalan apa saja yang disunahkan untuk dikerjakan bagi umat Islam?

1. Membaca Surat Al Kahfi

Umat Muslim dianjurkan untuk memabca surat Al Kahfi. Anjuran ini didasarkan pada perkataan Rasulullah SAW.

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)

2. Membaca salawat Nabi Muhammad SAW

Ketika Jumat datang, umat Muslim disunahkan untuk memperbanyak membaca salawat.

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jumat, karena salawat akan disampaikan kepadaku.” (Aus Bin Aus ra)

3. Memperbanyak berdoa

Dan ketika Jumat datang, umat Muslim disunahkan untuk memperbanyak berdoa, tentu di hari lain pun dianjurkan untuk berdoa. Hanya, di hari jumat Rasulullah Muhammad SAW menyebutkan keutamaannya.

”Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R Abu Hurairah dan Muttafaqun Alaih)

Hayu, kita beramal terbaik agar dicintai Allah SWT dan dikabulkan setiap doanya.