Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Tak Disadari, 2 Hal Ini Penyebab Malas Ibadah

Manusia adalah tempatnya lalai, namun sebagai seorang Muslim hendaknya kita mampu menghadang rasa malas dan lalai itu dengan keyakinan dan ketaatan hanya pada Allah.

Perasaan malas dalam beribadah tersebut bisa ditimbulkan karena banyak faktor. Bisa karena diri sendiri ataupun faktor yang hadir di luar pribadinya. Ternyata dua hal ini penyebab malas ibadah selalu hadir dan membelenggu manusia.

1. Maksiat

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (QS. Asy-Syura: 30).

Maksiat adalah suatu hal yang bisa saja tidak kita sadari. Ada kalanya kita menggunakan telinga untuk mendengar yang tidak seharusnya. Seringkali mata kita melihat hal yang tidak patut untuk dipandang. Dan tentulah pernah kaki kita melangkah pada jalan yang tidak benar.

Tak hanya itu, maksiat juga dapat disebabkan oleh pikiran dan hati yang kotor. Sehingga semuanya akan bermuara pada perasaan gelisah dan malas untuk beribadah.

2. Makanan Haram

“Dan makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram, dan diberi makan dengan makanan yang haram. Maka bagaimanakah Allah mengabulkan doanya?” (HR. Muslim).

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh manusia. Jika asupan energi yang kita makan adalah makanan haram, maka akan rusaklah seluruhnya. Tak heran makanan haram sangat mempengaruhi hadirnya kemalasan ibadah yang membelenggu hati manusia.

Itulah dua hal yang dapat menjadi faktor penyebab Muslim malas dalam melakukan ibadah. Hal mendasar itu kadang kala sering tak kita sadari saat melakukannya. Maka solusinya adalah dengan tetap mengingat-Nya dan melibatkan-Nya dalam setiap aktivitas sehari-hari kita.