Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Amalan Sholawat Badawiah Kubro Karya Syeikh Ahmad Al Badawi

Assalamualaikum wr.wb... Sholawat Badawiah atau Badwiah kubro (Besar, utama). memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi sang pembacanya dan telah diamalkan oleh banyak sekali ulama semenjak zaman dahulu. para ulama sepakat mengakui akan ketinggian ilmu dan derajat Ayeikh Ahmad Al Badawi dan akan fadhilah sholawat badawi kubro karyanya.

Syaikh Ahmad bin Ali Bin Yahya Al-Badawi RA, lahir di Kota Fez, Maroko Afrika, pada tahun 596 H./1199 M yakni seorang Imam sufi, wali kutub dan pendiri thariqah Al-Badawiyah. Beliau dijuluki Al-Badawi, alasannya yakni selalu menutup wajahnya ibarat kebiasaan Arab Badui. Kakek ia sebelumnya bermukim di Jazirah Arab. Kakek ia datang di Fez Maroko akhir semakin brutalnya agresi Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi terhadap kalangan Alawiyin.

Nasab ia sungguh mulia, ia yakni Ahmad bin Ali bin Yahya bin Isa bin Abu Bakar bin Ismail bin Umar bin Ali bin Utsman bin Husein bin Muhammad bin Musa bin Yahya bin Isa bin Ali bin Muhammad bin Hasan bin Ja'far Az-Zaky bin Ali Al-Hadi bin Muhammad al-Jawwad bin Ali Ridlo bin Musa al-Kadhim bin Ja'far As-Shadiq bin Muhammad al-baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib dan Fathimah binti Rasulullah SAW.

Syekh Al-Sayyid Ahmad Al-Badawi tergolong Wali Allah yang menempati maqam Quthb al-Awliya al-Ghauts al-‘Adzhim, andal Futuwwah terbesar di Mesir, yang kemasyhurannya dikenal oleh banyak orang. Beliau juga terkenal sebagai Wali pelindung anak-anak.

Makamnya di kota Tanta menjadi sentra ziarah utama di Mesir. Diyakini Tuhan Yang Maha Tinggi mengabulkan doa-doa dari mereka yang berziarah di makamnya, lantaran berkah dan karamah Wali Tuhan ini. Perayaan Maulid Syekh Ahmad al-Badawi senantiasa dihadiri oleh setidaknya dua juta orang.

Syaikh Ahmad bin Ali Bin Yahya Al-Badawi - lahir di Kota Fez, Maroko pada tahun 596 H./1199 M dan wafat di Thanta pada hari selasa 12 Rabiul Awal 675 H / 24 Agustus 1276 M, ketika berusia 79 tahun.

Nah bila sobat semua mau mengamalkan atau menghafalkan Sholawat ini atau belum mengetahui sholawatnya kebetulan berikut ini, Alhamdulillah telah saya rangkum, Sholawat Badawiah lengkap lafaz, latin beserta artinya.

Sholawat Al Badawiah kubro

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ شَجَرَةِ الأَصْلِ النُّورَانِيَّةِ . وَلَمْعَةِ الْقَبْضَةِ الرَّحْمَانِيَّةِ . وَأَفْضَلِ الْخَلِيْقَةِ اْلإِنْسَانِيَّةِ . وَأَشْرَفِ الصُّوْرَةِ الْجِسْمَانِيَّةِ . وَمَعْدِنِ اْلأَسْرَارِ الرَّبَّانِيَّةِ . وَخَزَائِنِ الْعُلُوْمِ الْإِصْطِفَائِيَّةِ . صَاحِبِ الْقَبْضَةِ الأَصْلِيَّةِ . وَالْبَهْجَةِ السَّنِيَّةِ وَالرُّتْبَةِ الْعَلِيَّةِ . مَنِ انْدَرَجِتِ النَّبِيُّوْنَ تَحْتَ لِوَائِهِ فَهُمْ مِنْهُ وَإِلَيْهِ . وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلِيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ . عَدَدَ مَا خَلَقْتَ وَرَزَقْتَ وَأَمَتَّ وَأَحْيَيْتَ إِلَى يَوْمِ تَبْعَثُ مَنْ أَفْنَيْتَ وَسَلِّمْ تَسْلِيماً كَثِيراً وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن

ALLAHUMMA SHALLI WASALLIM WABAARIK 'ALA SAYYIDINA WAMAULAANA MUHAMMADIN SYAJARATIL ASHLINUURANNIYYAH WALAM'ATIL QABDLATIRRAHMANIYYATI, WA AFDLALIL KHALIQATIL INSANIYYATI WAASYRAFISH SHUURATIL JASMANIYYATI, WAMA'DANILASRAARIR RABBAANIYYATI, WAKHAZAAINIL 'ULUUMIT ISHTHAFAAIYYATI. SHAAHIBIL QABDHATIL ASHLIYYATI. WALBAHJATISSANIYYATI WARRUTBATIL 'ALIYYATI MANINDARAJATIN NABIYYUNA TAHTA LWAAIHII. FAHUMMINHU WAILAIHI. WASHALLI WASALLIM WABAARIK 'ALAIHI WA'ALAA 'ALIHII WASHAHBIHI 'ADADAMAA KHALAQTA WARAZAQTA WAAMATTA WAAHYAITA ILAA YAUMI YUB'ATSU MAN AFNAITA, WASALLIM TASLIIMAN KATSIIRAA ILAA YAUMIDDIIN WALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIIN.

"Ya Tuhan curahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta barakah atas junjungan dan tuan kami Muhammad tumbuhan yang berasal dari cahaya kemilauan genggaman (Allah) yang bersifat belas kasih dan seutama-utama makhluk manusia, semulia-mulia rupa jasad dan sentra segala belakang layar keTuhanan dan penyiapan segala ilmu terpilih, pemilik genggaman keaslian, kemilauan yang bagus dan derajat yang luhur , yang semua nabi berteduh di bawah panjinya, maka para nabi bersumber dari padanya dan akan kembali kepadanya pula, Dan limpahkanlah pula kesejahteraan, keselamatan dan barakah atasnya dan segenap keluarga serta sahabat-sahabatnya sebanyak ciptaan dan rizqiMu, yang Engkau matikan dan Engkau hidupkan hingga hari dibangkitkan segala yang telah Engkau binasakan. Dan berilah keselamatan dan kesejahteraan sebanyak-banyaknya hingga hari kiamat. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam"

Fadilah dan keutamaan ber sholawat Badawi
  • Apabila anda dalam keadaan susah atau menghadapi ancaman khusus atau umum maka bacalah sholawat ini sebanyak-banyaknya. Insya Tuhan anda akan menerima ketenagan batin.
  • Min Ba'dil Ulama, barang siapa membaca membaca shalawat ini 100 x dalam keaadaan suci dari hadats maka akan dimudahkan Tuhan SWT dalam segala urusan.
  • Siapa yang membaca sholawat Badawiyyah 3 x,  maka akan menerima pahala ibarat pahalanya membaca "Dalaailul Khairat" hingga khatam. (Menurut hadrah al 'arif billah Al Habib Sayid "Ali ibn "Abdirrohman Al Habsyi dalam kitab Fadhilatus Shalawat).
Semoga kita selalu bersholawat atas Nabi dalam setiap waktu dan kesempatan entah itu hendak ber do'a atau zikir, alasannya yakni dengan bersholawat itu berarti dapat membuka pintu Rahmat serta menjadi do'a jadi makbul (diterima) dan dengan bersholawat kita akan menerima sepuluh kali lipat balasannya.

Rosullullah bersabda
"Barang siapa yang berselawat kepadaku (Muhammad) satu kali saja, maka saya akan berselawat kepadanya sepuluh kali"

"ALLAHUMA SHOLLI ALA SAYIDINA MUHAMMAD SLALLAHU ALAIHI WASALLAM, WA ALA ALIHI WA SHOHBIHI WASALIM AJ'MAIN"

"Ya Tuhan curahkanlah kesejahteraan dan keselamatan serta barakah atas junjungan dan tuan kami Muhammad dan keluarga serta para sahabatnya"

Segala puji bagi Tuhan SWT,
Demikian yang bisa kami sampaikan terkait (Khasiat Amalan Sholawat Badawiah Kubro Karya Syeikh Ahmad Al Badawi) kurang lebihnya mohon di maafkan dalam penyampaian yang jauh dari kata tepat namun supaya bermanfaat dan selamat mengamalkan.

Dikutip dari beberapa sumber dan Sumber