Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Bacaan Doa Sebelum Berangkat dan Naik Kendaraan

Selamat jalan bagi semua saudara-ku yang dikala ini akan bepergian kemana pun tujuan masing masing, semoga kita semua oleh Allah SWT selalu diberikan kemudahan, kelancaran dan keselamatan juga kebahagiaan baik ketika kita sedang dalam menempuh perjalanan maupun setelah sampai di tempat tujuan, Amin ya robbal 'alamin.

Biasanya ketika kita akan bepergian kemana saja, semua apa yang kita rencanakan sudah dipersiapkan baik mental, fisik dan hal lain sesuai planing yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun, ada satu hal yang lebih penting dalam menempuh perjalanan supaya selamanya kita menerima bingbingan keselamatan dan lain sebagainya yaitu memanjatkan Do'a kepada Alloh SWT sebagi wujud kita sebagai insan yang tidak ada kemampuhan apa-apa hanya lah semua itu atas petunjuk Alloh SWT.

Nah, pada kesempatan kali ini izinkan kami mengingatkan kepada sesama muslim dimana pun berada ketika akan bepergian dari mulai keluar rumah, diperjalanan bahkan hingga ketujuan untuk selalu derdo'a kepada Alloh SWT sebagai mana bacaan doa naik kendaraan dan doa-doa lainnya di bawah ini :

1. Do'a Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

"Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi"

Artinya :
Dengan menyebut nama Allah, saya menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.

2. Do’a bepergian

اَللّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَاسَفَرَ نَاهذَاوَاَطْوِعَنَّابُعْدَهُ, اَللّهُمَّ اَنْتَالصَّـاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُ فِى اْلاَهْلِ

“Alloohumma hawwin ‘alainaa safaranaa haadzaa wa athwi ‘annaa bu’dahu. Alloohumma antash shaahibu fis safari wal khaliifatu fil ahli”.

Artinya : “Wahai Tuhanku, mudahkanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah kejauhannya. Wahai Tuhanku, Engkau yaitu sobat berpergian dan pelindung keluarga”.

3. Do'a Naik Kendaraan Darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.

Artinya : Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sebenarnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. 

4. Do'a Ketika Sudah Dalam Kendaraan Sudah Mau Berangkat

اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ لَمُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ. اللَّهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي الأَهْلِ , اللَّهُمَّ اِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar.
Subhaanal ladzi sakhkharah lanaa haadza wa maa kunnaa lahu lamuqriniin wa innaa ilaa rabbina lamunqolbuun. Allahumma innaa nas aluka fi safarinaa haadzal birra wat taqwa, wa minal ‘amali maa tardhaah, allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadza wathwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antas shoohibu fis safari wal kholiifatu fil ahli, Allahumma inni a’uudzubika min wa’tsaa-is safari wa kaaabatil mandhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli

Artinya : ”Allahu akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Maha suci Tuhan yang telah memperjalankan kami, kepada-Nya kami mendekat dan hanya kepada Tuhan kami kembali. Ya Allah berikanlah kebaikan, ketakwaan perjalanan kami ini, dan jadikanlah perjalanan ini termasuk sebagian dari perbuatan yang Engkau ridhai. Ya Allah ringankanlah perjalanan kami ini dan . Ya Allah Engkau yaitu sobat dalam perjalanan dan pemimpin di waktu menetap, Ya Allah kami berlindung dari kesusahan dalam perjalanan dan

5. Do'a Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM

Artinya : Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sebenarnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Cukup sekian Bacaan Doa Sebelum Berangkat dan Naik Kendaraan yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Berikut Bacaan Doa Sebelum Berangkat dan Naik Kendaraan"