Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Bacaan Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Tahajud

Tentunya kita sudah pada tahu dengan yang namanya sholat tahajud serta kedudukannya dalam agama islam  yaitu sunnat muakad yang dikerjakan pada malam hari minimal 2 rakaat sedangkan maksimalnya tidak terbatas, cara melaksanakannya dua rakaat-dua rakaat, dan juga sholat tahajud dapat di sebut sholat malam yang banyak mempunyai manfaat, fadhilah dan keutamaan untuk kehidupan kita di dunia ini demi tercapainya kebahagiaan akherat nanti.

Sholat tahajud harus dilaksanakan setelah tidur di malam hari, bila anda melaksanakannya tanpa tidur dulu maka itu risikonya sholat sunnat biasa ( Sunnat Mutlaq). Ada pun mengenai waktu untuk pelaksanaan sholat tahajud yaitu sehabis melakukan Sholat Isya hingga terbitnya Fajar Shidiq (waktu shubuh). Melaksanakan sholat tahajud sangat di anjurkan oleh Alloh SWT walau pun hukumnya sunat.

Namun, walau pun waktu sholat tahajud itu panjang akan tetapi ada salah satu waktu yang paling baik untuk melaksanakannya, maka waktu itu terbagi 3 bagian. Waktu Sepertiga Pertama ialah yang kira – kira dari jam 19.00 malam hingga dengan jam 22.00 malam (Waktu Saat Utama), Waktu Sepertiga Kedua ialah kira – kira dari jam 22.00 malam hingga dengan jam 01.00 pagi (Waktu ini dikala yang lebih utama) dan Waktu Sepertiga Ketiga ialah waktu kira – kira dari jam 01.00 pagi hingga dengan sebelum masuknya waktu shubuh (Waktu yang paling sangat utama).

Ada pun cara bacaan niat  dan doa sholat tahajud dapat kita kaji ibarat yang akan Saya kutip dalam artikel ini,mengapa disini saya membahas perihal doa dan niat sholat tahajud? Karena niat yaitu merupakan hal yang dapat membedakan antara adab dan ibadah, dan juga niat yaitu yang dapat memilih syah dan tidak syahnya amal-amalan kita dihadapan Allh SWT.

Bacaan Niat Sholat Tahajud :

اُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى... اللهُ اَكْبَرْ

Latin : ” USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA Allohu Akbar”’.

Artinya : "Saya niat sholat sunnah tahajud dua rokaat alasannya Allah ta'ala...Allahu akbar".

Jika lebih dari dua rokaat, contohnya 4, 6, 8, 10 atau 12 rokaat, maka niat yang dibaca tetap sama. Jadi, dua rokaat satu salam.

Setelah selesai sholat, maka bacalah Doa sholat tahajud sesuai denga bacaan doa yang sering Nabi lakukan.seperti dibawah ini :

اَللّهُمَ لَكَ اْلَحمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ , وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ , وَلَكَ اْلحَمْدُ نُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَلَكَ اْلَحمْدُ اَنْتَ اْلحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌ وَاْلجَنَّةُ حَقٌ وَالنَّارُ حَقٌ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌ وَمُحَمَّدٌ صلعم حَقٌ وَالسَّاعَةُ حَقٌ , اَللَّهُمَ لَكَ اَسْلَمْتُ، وَبِكَ اَمَنْتُ , وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَااَخَّرْتُ وَمَااَسْرَرْتُ وَمَااَعْلَنْتُ وَمَااَسْرَفْتُ وَمَااَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ اْلمُؤَخِّرُ لآاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ سُبْحَانَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ
لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيَّ اْلعَظِيْمِ. وَاْلحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ

Artinya : "Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji hanyalah milik-Mu. Engkaulah penguasa langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji hanyalah milik-Mu. Engkaulah cahaya langit. Segala puji hanyalah milik-Mu, Engkaulah Yang benar, dan janji-Mu lah yang benar, perjumpaan dengan-Mu yaitu benar, perkataan-Mu benar, nirwana itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar dan hari tamat zaman itu benar (ada). Wahai Allah, hanya kepada-Mu lah saya berserah diri, hanya kepada-Mu lah saya beriman, hanya kepada-Mu lah saya berserah diri, hanya kepada-Mu lah saya kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah saya berhukum. Maka ampunilah saya atas segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Akhir. Tidak ada ilahi selain Engkau ya Allah, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya saya termasuk orang-orang yang dzolim. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan pemberian Engkau Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam".

Cukup sekian postingan kali ini, semoga bisa memberikan manfaat.

1 komentar untuk "Berikut Bacaan Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Tahajud"

Berlangganan via Email