Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Bacaan Dzikir / Doa Akhir Dan Awal Tahun Hijriyah Lengkap Dengan Artinya

Setiap kali pergantian tahun, umat islam tentunya harus sanggup lebih meningkatkan amal perbuatan dari tahun sebelumnya. Dan salah satu amalan yang bisa dikerjakan adalah membacak doa akhir tahun dan doa awal tahun sebagai bukti ucapan rasa syukur ke pada Allah SWT.

Karena makna doa salah satunya adalah merupakan senjata dan kekuatan bagi orang yang beriman kepada Allah SWT. Di dalamnya terkandung renungan, harapan, kecemasan, dan (sekaligus) optimisme terhadap kondisi yang lebih baik. Berdoa merupakan salah satu bukti kerendahan kita di hadapan Allah SWT. Berdo’a juga merupakan perwujudan sikap pantang mengalah menghadapi realitas kehidupan. Karena di balik do’a tersirat cita-cita atau harapan yang besar.

Dengan adanya pergantian tahun baru hijriyah bagi umat islam sendiri harus benar-benar di jadikan momentum yang sangat kita banggakan. Alasannya ialah pada awal tahun hijriyan yaitu bulan muharam mengnadung sejarah yang sangat berharga dan alangkah mulianya bulan muharam itu sehingga kita bisa mendapat banyak pahala dari Allah SWT dikala kita berbuat kebaikan, contohnya membaca doa akhir dan awal tahun, melaksanakan puasa pada tanggal 10 muharam, memperbanyak shodaqoh dan yang lainnya agar kita bisa lebih bermakna dalam penyambutan tahun baru hijriyah.

Kita telah tiba di penghujung tahun Hijriyah. Ini ialah hari terakhir. Mari kita sama-sama berdo'a Kepada Allah SWT, berikut bacaan do’a akhir tahun Hijriyah untuk dibaca sebelum masuk waktu sholat Maghrib:

DO'A AKHIR TAHUN DALAM TULISAN ARAB LATIN DAN ARTINYA

Dibaca setelah shalat Ashar pada tamat tanggal Zulhijjah sebanyak 3 kali :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّمَ()اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وِلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْ رَتِكَ عَلَى عُقُوْ بَتِيْ وَدَعَوْ تَنِيْ اِلَى التَّوْ بَةِ مِنْهُ بَعْدَ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ() اَللَّهُمَ اِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَلِمْتُهُ فِيْهَا مِمَّاتَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اَللَّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ()اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَتَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَّعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ() وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ

“Bismillaahir rahmaanir rahiim. Washalallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa salam. Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanati mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu wahalimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii wada’autanii ilattaubati minhu ba’da juratii ‘alaa ma’shiyatika fainnii astaghfiruka faghfirli. Wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardlaa-hu wawa’adtanii ‘alaihits tsawaaba fa as alukallaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaa-li wal ikraami an tataqabbalaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wasallam” (3x)

Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang. Semoga rahmat Allah tercurah kepada junjungan kami dan pemimpin kami Nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan para sahabat beliau.Ya Allah, segala amal yang saya lakukan pada tahun ini (yang telah silam), dari hal-hal yang Engkau larang kepadaku, kemudian saya tidak bertaubat, sedangkan Engkau tidak meridhoinya, dan Engkau tidak melupakannya, dan menyantuni atasku sehabis kekuasaan-Mu atas siksa-siksa padaku. Engkau menyeru saya bertaubat darinya sehabis saya lakukan durhaka pada-Mu. Perkenankanlah Engkau mengampuni aku. Dan segala apa yang saya lakukan di dalamnya dari hal-hal yang Engkau ridhoi, dan Engkau telah menjanjikan pahala kepadaku, maka saya memohon kepada-Mu ya Allah Dzat yang Mulia, hai Dzat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, hendaklah Engkau terima dariku,janganlah Engkau menetapkan harapanku dari rahmat-Mu hai Dzat Yang Mulia.Shalawat dan salam, tetapkanlah pada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.

DO'A AWAL TAHUN ARAB LATIN LENGKAP DENGAN ARTINYA

Doa awal tahun ini dibaca setelah sholat Magrib pertama bulan Muharram, sebanyak 3 kali.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ، اللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ، وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلأَمَّـارَةُ بِالسُّوْءِ وَاْلإِسْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَ اْلإِكْرَامِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصَحْابِهِ وَسَلَّمَ

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim Bismillaahir-rahmaanir-rahiim
Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa
sallam.Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Semoga rahmat Allah tercurah kepada junjungan kami dan pemimpin kami nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan para sahabat beliau.‘Ya Allah,Engkaulah Dzat yang abadi, yang terdahulu,yang mula-mula. Atas AnugerahMu yang besar dan kemurahanMu yang dijadikan pegangan, inilah tahun gres telah datang. Kami mohon kepadaMu pemeliharaan selama tahun ini dari setan, sahabat2, dan pasukannya. dan pertolonganmu untuk melawan nafsuku ini yang selalu mengajak kepada kejahatan, serta sibukkanlah (aku) dalam melaksanakan amal yang sanggup mendekatkan diriku kepadaMu sedekat-dekatnya, Wahai Dzat yang mempunyai kebesaran dan kemulyaan’.Shalawat dan salam, tetapkanlah pada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.

Posting Komentar untuk "Berikut Bacaan Dzikir / Doa Akhir Dan Awal Tahun Hijriyah Lengkap Dengan Artinya"