Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah Diciptakannya Tangan

Kemudian perhatikanlah hikmah diciptakannya tangan pada manusia atau alat-alat memegang bagi makhluk lain.

Karena manusia diciptakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti membangun, menjahit, menulis dan sebagainya, maka ia diberi telapak tangan yang lebar dan tipis dengan jari-jari yang dapat dibentang dan digenggamkan, dilipat dan diulurkan, dikumpulkan dan dipisah-pisahkan.

Sedang hewan ternak, karena tidak disiapkan untuk melakukan hal-hal tersebut, tidak diberi telapak tangan dan jari-jari seperti itu. Karena sudah ditakdirkan makanan sebagian hewan itu didapat dari buruannya seperti hewan buas, maka diciptakanlah untuknya telapak-telapak yang kokoh yang memiliki kuku-kuku dan cakar-cakar yang dapat dipergunakan untuk menangkap hewan buruan, tapi tidak untuk pekerjaan kerajinan. Ini semua tentang hewan-hewan pemakan daging.

Adapun hewan-hewan pemakan tumbuhan, karena ditakdirkan tidak menangkap buruan dan tidak melakukan keterampilan, maka untuk sebagian hewan ini diciptakan kuku-kuku yang melindunginya dari kekerasan tanah apabila dia berkeliling mencari rerumputan. Sebagian lagi diberi tapal kaki yang cekung seperti telapak kaki manusia agar pas di tanah dan kuat bila ditunggangi dan diberi beban. Allah SWT tidak menciptakan cakar dan kuku yang tajam untuknya karena dia tidak membutuhkannya ketika makan.

Wallahu a'lam...

Posting Komentar untuk "Hikmah Diciptakannya Tangan"