Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kaki dan Leher Unta Panjang?

Perhatikan hikmah Dia menjadikan punggung hewan melata lebar/datar seperti atap (yang terhampar) di atas tiang bangunan, agar hewan tersebut dapat ditunggangi dan digunakan mengangkut barang.

Ini berbeda dengan unta. Punggungnya punya punuk (gundukan) seperti al-qabw 'atap yang melengkung, berbentuk kubah' karena dia punya kekuatan yang khas dan bawaannya berat. Dan lagi, biasanya atap yang melengkung ke atas lebih kuat membawa beban daripada atap yang rata, sampai dikatakan bahwa pembuatan atap yang melengkung itu meniru bentuk punggung unta.

Perhatikan pula ketika Dia memanjangkan kaki unta. Allah memanjangkan lehernya agar dapat makan sambil berdiri. Kalau lehernya pendek, unta tak dapat melakukannya dengan kaki yang panjang itu. Juga agar panjang lehernya sejajar dengan barang bawaan yang dibawanya, seperti panjang batang timbangan dacing. Sampai dikatakan bahwa pembuatan dacing itu mencontoh leher unta yang panjang dengan bawaannya yang berat.

Oleh karena itu, Anda melihat unta selalu menjulurkan lehernya apabila sedang membawa barang seakan-akan dia sedang menimbangnya.

Posting Komentar untuk "Mengapa Kaki dan Leher Unta Panjang?"

Berlangganan via Email