Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Sholawat Fatih Sholawat Pembuka Pintu Rizqi

Assalamualaikum..wr.wb... Sholawat Fatih adalah salasatu Sholawat pembuka pintu-pintu, terkenal juga dengan Sholawat pembuka pintu ‘arsy (Kerajaan Tuhan yang Maha Tertinggi), terdapat beberapa keismewaan yang terkandung di dalam Sholawat ini, diantaranya mengatasi segala kesempitan (kesulitan) hidup, di bebaskan dari api neraka, dan akan hingga pada titik kemuliaan pangkat mahir ma’rifat.

Banyak cerita dan pengalaman dari para Ulama dan Imam serta para Sahabat Rosulullah Saw, yang membuktikan Fadilah dan keistimewaan Sholawat Al Fatih ini, sebagai ijazah amalan wiridan atau zikir, mampu di tentukan jumblah membacanya, atau hanya dibaca sekali saja.

Dari Syeikh Ahmad at-Tijany ra, berkata:

"Keistimewaan sholawat al-Fatih sangat sulit di terima oleh akal, karena ia merupakan diam-diam Tuhan SWT yang tersembunyi.

Seandainya ada 100,000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100,000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100,000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Tuhan SWT hingga 100,000 tahun, dan setiap orangbersholawat kepada Nabi setiap hari 100,000 kali, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membacasholawat al-Fatih sebanyak 1 (satu) kali. ( al-Fathur Robbany karyaSayyid Muhammad bin Abdillah as-Syafi`ie at-Thoshfaawy at-Tijany hal 99-100 )

Dari Syaikhul Akbar Sayyidi Muhyiddin Ibnul Arabi RA. "ini samadengan ia telah mengimbangi bacaan kitab Dalaa-ilul Khoiroot dan Insya Tuhan berkah sholawat ini pengamalnya akan hingga pada titik kemuliaan pangkat mahir ma’rifat.

Terbuka hijab (penutup) antara dirinya dengan Rasulullah SAW, sehingga memungkinkannya fana’ bersama Rasulullah SAW sebelum ia mencicipi fana’ terhadap Tuhan SWT.

Bagi para pengamal sholawat ini, Insya Tuhan akan memperoleh kedekatan bersama dalam berjumpa dengan Rasulullah Saw, setiap saat.

Masya Allah..

(Wallahu àlam Bisshowab)

BERIKUT INI TEKS BACAAN SHALAWAT AL-FATIH / SHOLAWAT PEMBUKA PINTU KERAJAAN ARASY

(Mutiara Yang Tak Ada Tandingannya)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .

Allahumma shalli wasallim wabaarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa wannaashiril haqqi bil haqqi walhaadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, shallallaahu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa ash haabihi haqqa qadrihii wamiqdaa rihil 'adziim.

Artinya:
"Ya Tuhan berikanlah shalawat kepada penghulu kami Nabi Muhammad yang membuka apa yang tertutup dan yang menutupi apa-apa yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung."

Khasiat dan Keutamaan Shalawat Al Fatih antara lain sebagai berikut :

Penyusun : Abu Bakar Ash-Shiddiq yang diwariskan kepada Syekh Muhammad Syamsyuddin Abdul Hasan Al-Bakri atau Sayid Muhammad Bakri
  • Barangsiapa yang ingin ditolong oleh Tuhan swt dalam mengatasi segala kesempitan (kesulitan) hidup dan menghilangkan kesusahan hati, maka hendaklah berdzikir (baca) Shalawat Al Fatih ini sebanyak-banyaknya pada setiap selesai shalat fardlu secara istiqomah.
  • Barangsiapa yang ingin dibesarkan pahalanya dan di bebaskan dari api neraka di alam abadi nanti, maka hendaklah berdzikir (membaca) Shalawat Al Fatih ini sebanyak-banyaknya, karena membaca salawat Al Fatih ini satu kali, pahalanya sama dengan membaca shalawat (biasa) 1000 kali atau 600.000 kali.
  • Barangsiapa yang ingin di ampuni (dihapus) dosa-dosanya yang kecil oleh Tuhan Swt, maka hendaklah mebaca shalawat Al Fatih ini sebanyak 11 kali setiap selesai shalat fardhu selama 40 hari berturut-turut.
  • Siapa yang ingin bertemu Rasulullah saw maka hendaklah membaca Shalawat Al Fatih ini sebanyak 1.000 kali pada hari kamis malam jum'at atau pada hari ahad malam senin, insya Tuhan berhasil.
  • Barangsiapa yang ingin dapat bertemu dan berkumpul dengan Rasulullah saw di alam abadi nanti, maka hendaklah berdzikir (membaca) Shalawat Al Fatih ini sebanyak 1000 kali pada setiap malam kamis, malam jum'at dan malam senin secara istiqomah.
  • Apabila ingn bertemu dengan Rasulullah saw secara sempurna, maka sebelum membaca Shalawat Al Fatih sebnyak 1000 kali, sebaiknya harus diawali dengan shalat Hajat empat rakaat, dua kali salam (setiap dua rakaat salam):
Shalat hajat yang pertama.

Pada rakaat pertama setelah mebaca surat Al Fatihah, membaca surat Al Qadar satu kali.Pada Rakaat kedua setelah membaca surat Al Fatihah membaca surat Al Zalzalah satu kali.Salam

Shalat hajat yang kedua.

Pada rakaat pertama setelah membaca surat Al Fatihah, membaca surat Al Kafirun satu kali. Pada rakaat kedua setelah membaca surat Al Fatihah satu kali dan surat An Naas satu kali.
  • Apabila ingin luas rezekinya dan sejahtera hidupnya, maka hendaklah membaca Shalawat Al Fatih ini sebnyak 21 kali pada setiap selesai shalat Subuh secara rutin (istiqomah)
Adapun kisah-kisah menarik mengenai Sholawat Al Fatih ini saya dapat dari kawan blogger.

Isinya menyerupai berikut:

SHOLAWAT FATIH ADALAH SAYYIDUS SHOLAWAT

Membaca sholawat kepada nabi Muhammad SAW ada yang menggunakan kalimat wa sallim atau wa sallam, dan ada pula yang tidak memakainya. Sholawat yang menggunakan kalimat wa sallam yaitu sholawatnya orang-orang yang beriman, menyerupai firman Tuhan SWT : Yaa ayyuhal ladziina ?aamanuu sholluu ?alaihi wa sallimuu tasliimaa. Kalau sholawat itu bersumber dari Tuhan dan Malaikat, kalimatnya yaitu : Innalloha wa malaaikatahu yusholluuna ?alan nabiy. Oleh karena itu ketika syekh Ahmad ra ditanya, mengapa sholawat al-Fatih tidak memakai kalimat wa sallim ?. Beliau menjawab : ?Karena sholawat al-Fatih bersumber dari Allah, bukan susunan yang dibuat oleh manusia.

Cukup lama sekali syekh Muhammad al-Bakriy ber-riyaadhoh dan munajat kepada Tuhan SWT, semoga diberikan sholawat yang pahala, sirri, faedah dan keistimewaannya mengungguli seluruh sholawat yang pernah ada. Kemudian seorang malaikat mendatanginya dengan membawa secarik kain dari sorga bertuliskan sholawat al-Fatih dengan goresan pena cahaya, oleh karena itu pula sholawat al-Fatih disebut juga dengan sholawat al-Bakriyyah, dan ada juga yang menamakan dengan al-Yaaqutatil Fariidah ( Mutiara yang tak ada duanya )

Setelah 16 tahun berkholwatm tepatnya dikala syekh Ahmad ra berusia 46 tahun, ia berjumpa dengan sayyidul wujud Rosulullah SAW dalam keadaaan sadar dan terjaga. Beliau mengajarkan serta mengijazahkan sholawat al-Fatih dan menjelaskan semua keistimewaan dan rahasianya kepada beliau. Sholawat al-Fatih harus diajarkan kepada semua orang dengan 2 tingkatan. Tingkatan khusus harus mendapat izin talkin resmi dari orang-orang yang menerimanya datri syekh Ahmad secara estafet dan yang menerimanya pun harus berkeyakinan bahwa sholawat ini bersumber dari Allah, bukan susunan manusia. Sedangkan tingkatan umum, menyerupai yang dikatakan oleh ia :

Ajarkan semua orang untuk membaca sholat al-Fatih, semoga mereka dapat mati dengan membawa iman. ( al-Khulashoh Wafiyah 73 ).

Dari kitab Rahasia Keutamaan & Keistimewaan Shalawat (KH. Nur Muh. Kafadi)

Sholawat al-Fatih memiliki 8 martabat keutamaan, dibawah ini hanya keutamaan pada martabat yang pertama saja, sedangkan yang lainnya dirahasiakan oleh Tuhan SWT, diantaranya yaitu :
  1. Membaca sholawat hari di jamin hidup bahagia dunia dan akhirat
  2. Membaca sholawat al-Fatih 1x menghapus semua dosa
  3. Membaca sholawat al-Fatih 1x menyamai pahala ibadah semua mahluk di alam semesta ini6000x lipat
  4. Membaca sholawat al-Fatih 1x menyamai pahala sholawat yang dibaca oleh seluruh mahluk dari awal di ciptakan hingga sekarang 600x lipat
  5. Membaca sholawat al-Fatih 1x setiap hari, di jamin mati membawa iktikad ( husnul khotimah ).
  6. Membaca sholawat al-Fatih 10x di malam jum’at lebih besar pahalanya dari pada ibadah seorang wali yang tidak membaca sholawat al-Fatih selama 1 juta tahun.
  7. Pahala sholawat al-Fatih dapat menutupi dan mengganti kesalahan yang pernah ia lakukan terhadap orang lain, sehingga ia dapat mengganti tuntutannya di hari kiamat.
  8. Membaca sholawat al-Fatih 100x di malam jum’at menghapus dosa 400 tahun.
Catattan Akhir Artikel:

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam, sholawat dan salam untuk Nabi dan Rasul yang paling mulia, Nabi kita Muhammad, beserta keluarga dan para sahabatnya. Sesungguhnya Tuhan dengan segala kekuasaan-Nya telah mengutus nabi-Nya Muhammad dan telah memberinya kekhususan dan kemuliaan untuk memberikan risalah.

Ia telah menjadikannya rahmat bagi seluruh alam dan pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa serta menjadikannya orang yang dapat memberi petunjuk ke jalan yang lurus. Maka seorang hamba harus taat.

kepadanya, menghormati dan melaksanakan hak-haknya. Dan di antara hak- haknya yaitu Tuhan mengkhususkan baginya sholawat dan memerintahkan kita untuk itu di dalam kitab-Nya yang agung (Al Qur’an) dan Sunnah nabi-Nya yang mulia (Hadits).

Seseorang yang yang bersholawat untuk Nabi Muhammad saw, akan memperoleh pahala yang berlipat ganda. Maka sungguh berbahagialah orangyang mendapatkan itu.

Pada dasarnya kita bersholawat yaitu karena kita cinta kepada Tuhan dan Rasulul-Nya. Cinta kepada Tuhan dan RasulNya, karena tolong-menolong kita yang membutuhkannya. Sama aja dengan kita mencintai diri kita sendiri. Kita melakukannya karena kita membutuhkan kasih sayang serta rahmat dari Tuhan Ta’ala dan syafaat dari Rasulullah saw.

Makna dibalik shalawat kepada Nabi Muhammad saw, beserta keluarganya yaitu bahwa syafa’at Beliau rasulillah saw, bukan hanya nanti di alam abadi kelak, tapi juga di dunia ini. Bukankah kita berdo’a dengan bertawassul kepada beliau? Itulah tanda kecintaan Beliau kepada kita. salah satunya yaitu merasak n kenikmatan ketika nyawa dicabut dari badan.

Demikian Artikel sederhan bahasan mengenai Sholawat Nabi berjudul Keutamaan Sholawat Al Fatih Sholawat Pembuka Pintu (‘arsy) semoga bermanfaàt dan banyak mengamalkan. AMIIN..

Wasallamuàlaikum Wr.Wb...

Berlangganan via Email